Monday, October 19, 2009

Angels Diary

Hari ini, karena gw ga kemana-mana, gw nyempetin diri untuk nonton debut sinetron yang katanya adalah sebuah terobosan baru tayangan televisi, "Angel's Diary".

Trailer yang keren dan karakter utama yang jauh lebih imut dari hamsternya para manusia sinikal di sinema-indonesia ngebuat gw ngeluangin (baca: ngebuang) 30 menit waktu gw, untuk coba nonton sinetron tsb.

Tapi apa yang terjadi sodara-sodara, sekali lagi gw dikecewakan seperti waktu gw tau kalo vokalisnya Hanson itu ternyata cowok...

*sigh*

Coba kita berflash back ria.



"Angel's Diary" yang heboh itu, dibuka dengan sebuah narasi dari si karakter utama yang mengingatkan gw sama narasinya si Meredith Gray. Meredith Gray, walau narasinya rada abstrak, lebay dan sok filosofis, tapi kerennya tetep menghibur.

"Angel's Diary" mempunyai narasi yang garing, biasa banget dan selevel dengan isi SMS anak esempe. Entah apa dari scriptnya yang emang udah garing, atau gara-gara si karakter utama yang aktingnya rada setara sama pohon bonsai, perlahan gw pun mulai nurunin ekpektasi gw terhadap tayangan ini.

Tapi gw tetep bertahan duduk di depan tipi... sekali lagi, karna si karakter utama emang lebih imut dari hamster yang terkenal itu.

Waktu kembali bergulir, dan sebelum jeda iklan, otak gw kembali dihajar sama sebuah scene yang norak abis. Si antagonis-bertampang-maunya-cantik-tapi-bahkan-kalah-imut-sama-velociraptor, tiba-tiba memutuskan bahwa menuangkan isi botol air minum ke atas kepala angel dari lantai 2 itu, sangatlah menyenangkan.

Serius deh men?

Scene ini?

CUPU!!!

Bener-bener terobosan baru deh ni sinetron. Seorang antagonis dengan karakter ibu tiri penyiksa anak yatim yang bengis dan psikopat. Original abis... Kenapa ga sekalian aja lo kasi karakter cowok playboy tajir tapi cool kayak si boy? Oh sorry, ternyata emang udah ada. Maap, gw ga liat tadi. Sorry banget ye bang! Mata gw rada kelilipan kena colok sinar kinclong baju bermereknya anak-anak kampus si Angel.

Pertanyaan gw. Apa ini karena tuntutan rating? Seharusnya terobosan baru itu kan ga perlu mikirin rating? Kalo emang masih sama aja, ga usah gaya-gayaan deh bilang terobosan baru!

*camera close up ke muke gw*

Gw merasa tertipu!

Lalu untuk detik-detik berikutnya tanpa henti gw terus disambitin sama, voice over yang ga ngasih nilai tambah, karakter-karakter klise yang maksudnya buat nambahin konflik si Angel, plot twist yang garing, dan yang paling enggak banget, ke-sok gayaan si Angel make-make bahasa Inggris blasteran Indonesia dalam dialognya.

Angel serius deh, aksen bahasa Inggris lo tuh kurang bagus, susah banget kalo lo mau boongin kita-kita bahwa lo udah lupa sama yang namanya bahasa Indonesia. Lo malah jadi terkesan jadi superficial (tuh, gw pake basa Inggris juga) dan jauh dari yang namanya tulus.

*sigh*

Apa gw yang terlalu naif untuk percaya bahwa benar-benar akan ada terobosan baru di Indonesia? Lo mau terobosan baru? Ga usah deh, mendingan lo coba bikin sinetron serial lagi. Berenti bikin stripingan. Kasian penulisnya, mereka jadi susah bikin tulisan yang berkualitas.

Jadinya, kesimpulan gw dari pengalaman nonton tipi kali ini adalah... gw menyesal...

Emang iya, kamera yang dipake sama "Angel's Diary" kayaknya kamera mahal. Iya, pemerannya si Angel emang imut abis, cocok abis deh buat pajangan mobil. Iya dia keliatannya jago ngeblog (walau dia ngetik laptop cuma pake dua jari telunjuk doang) Tapi kalo lo adalah manusia dengan otak yang bisa ngerti kenapa pipis dari atas metromini itu bukan ide yang bagus, kayaknya "Diary Angel" bukan buat lo.

Akan lebih baik kalo lo nonton sinetron-sinetron lain. Yang ga nyoba gaya-gayaan, yang enggak coba ngeboongin lo dengan ngaku-ngaku, "terobosan baru tayangan televisi Indonesia". Yang emang sengaja dibikin supaya lo seneng. Entah seneng sama jalan ceritanya yang emang ngacir abis, atau karena emang seneng karena mereka udah berhasil bikin lo adiksi...

Udah ah, gw pegel nulis nih.

Oh ya, sebelum gw lupa, gw mau ngasih tau satu-satunya hal yang baik dari "Diary Angel". Sebuah band bernama Zagaz dengan lagunya "Sahabat Jadi Cinta". Highly Recommended.

Ciao guys...

No comments:

Post a Comment